Berita Terbaru

Advetorial

Advetorial

Berita Populer

AMP diminta Tutup, harap Tak ada lagi Polusi

Ahmad Yahya : Pemerintah Daerah harus Tegas 

faktanews.com  (Daerah) – Kabupaten Pohuwato  Kembali Suara protes terkait keberadaan Perusahaan Asphalt Mixing Plant (AMP) milik dari PT. Cahaya Nusa Sulutarindo disuarakan masyarakat sekitar. Pasalnya, mereka meminta kepada Pemerintah Daerah untuk Menutup Pabrik Pengolahan Batu dan Asphal itu. Hal ini dikatakan oleh Tokoh Masyarakat Kelurahan Libuo Ahmad Yahya Kepada Awak Media ini, 

Ahmad Yahya mengatakan bahwa saat ini dirinya bersama warga masyarakat yang berada disekitar Pabrik merasa terganggu dengan aktivitas dari Perusahaan AMP tersebut. Menurutnya, ketika Perusahaan AMP beroperasi, maka kepulan Asap hitam tebal hasil dari mesin – mesin AMP ini membuat masyarakat tak bisa beraktifitas. “jangankan mo bakarja pak, sedangkan mo bajumur baju saja torang tidak bisa. 

Karena selain asap hitam, abu yang terbawa akibat fungsi dicerobong asap pun ikut keluar karena sudah rusak. “ jelas Ahmad yang juga mantan Kepala Dusun Bongotango itu. Ditempat terpisah, Niko mantan waker Perusahaan AMP milik PT. Cahaya Nusa Sulutarindo yang juga korban polusi ini mengatakan bahwa asap hitam ditambah Debu yang menyebar hingga kepemukiman warga ini diakibatkan belum adanya perbaikan Cerobong asap yang patah hingga kurang lebih 25 Meter beberapa waktu lalu. 

Dimana menurutnya kondisi itu yang membuat saluran pipa air yang berada dipuncak cerobong pun ikut rusak. “fungsi Saluran Pipa Air diatas cerobong itu adalah untuk menetralkan Asap dan debu agar supya tidak keluar secara bersamaan. Sehingga hanya asap saja yang keluar dan debu jatuh lagi kebawah.” Terang Niko. Lebih lanjut dikatakan, kondisi ini membuat warga masyarakat diseputaran Pabrik ini susah untuk melakukan aktifitas.”jangankan menjemur pakaian pak, untuk bernafas saja kami kesulitan karena asap dan debu itu. Lanjut Niko. Dimintai keterangan terkait dengan ditutupnya sementara aktifitas Perusahaan AMP milik PT. Cahaya Nusa Sulutarindo oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Pohuwato beberapa waktu lalu, 

Secara serempak warga masyarakat yang hadir pada kesempatan itu mengatakan bahwa kondisi ini sangat bagus. Bahkan menurut mereka akan lebih baik jika kondisi ini berlanjut terus. “ kalau bisa Pemerintah tidak perlu melanjutkan lagi izin dari Perusahaan itu. Bahkan perlu ditutup saja pabrik itu pak.” Kata Ahmad Yahya yang juga diamini warga yang hadir pada kesempatan itu. (Team)

No comments:

Berikan Tanggapan Anda