Berita Terbaru

Advetorial

Advetorial

Berita Populer

80 Tahun Menjadi Warga Desa Bulili, Bantuan Tak Maksimal


Maimuna Iji Hidup Ditemani Seekor Anjing dan 2 Ekor Kucing.

Faktanews.com (Daerah) – Kabupaten Pohuwato,  Maimuna Iji, nenek renta berusia 80 tahun yang selama ini hidup sebatangkara yang tinggal dirumah panggung sangat sederhana berukuran 2,5 x 3 Meter yang tinggal di Dusun Mootinepo Desa Bulili Kecamatan Duhiadaa Kabupaten Pohuwato ini menanti uluran tangan dari Pemerintah Daerah yang sampai saat ini tak kunjung datang.

Program Ekonomi Kerakyatan yang selalu di bicarakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Pohuwato ternyata belum sepenuhnya berjalan lancar, pasalnya dibagian terdalam Desa Bulili Kecamatan Buntulia masih banyak masyarakat yang membutuhkan sentuhan tangan dari pemimpin Daerah ini.

“Woluo talo Nao Mayi molele mo tapu bantuan, patao bo diyaa sambe masatia (ada orang yang datang kesini dan mengatakan saya akan mendapatkan bantuan, lalu hingga sekarang tidak ada bantuannya, red)." Ucap Maimuna Sambil Menangis

Kurangnya penerapan dari manajemen danTidak adanya dukungan yang optimal dari Pemerintah, meskipun peran Pemerintah sangat penting tapi tidak dominan tidak akan mengubah pembangun Daerah yang berdikari secara ekonomi, yang berdaulat secara politik, serta memiliki berkepribadian yang berkebudayaan.

Sebagaimana dikemukakan dalam Pasal 33 UUD 1945, adalah sebuah sistem perekonomian yang ditujukan untuk mewujudkan kedaulatan rakyat dalam bidang ekonomi, sementara masih banyak masyarakat yang perekonomiannya sangat dibawa, hal itu menjadi salah satu penilaian terhadap Pemerintah Daerah yang saat ini hanya berfokus pada wilayah-wilayah yang tampak dari luar.

Kepala Desa Bulili Suharto Hamsah Saat Dihubungi Via Selluler kepada awak media ini menjelaskan bahwa sampai dengan saat ini Pemerintah Desa selalu memperhatikan Nenek Maimuna Iji, Bantuan untuk Lansia itu rutin diberikan dan juga akhir tahun kemarin saja kami sudah memperbaiki pondoknya dengan anggaran dari Dinas Sosial Provinsi Gorontalo sebesarRp. 350.000,- (Tiga Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah).

“sampai dengan saat ini Pemerintah Desa selalu memperhatikan Nenek Maimuna Iji, Bantuan untuk Lansia itu rutin diberikan dan juga akhir tahun kemarin saja kami sudah memperbaiki pondoknya kalau untuk bangunan yang permanen itu memang tidak bisa kami berikan karena beliau tidak memiliki tanggungan sama sekali, jadi setiap bulan kami berikan bantuan beras raskin, dana bantuan Lansia sebesar Rp. 600 sampai 800 ribu rupiah, dan terakhir saya sudah memerintahkan Asia Maiji sebagai  kepala dusun untuk memberikan makanan setiap hari kepada nene Maimuna. “ tutup Kades Bulili.



 

Ekonomi kerakyatan adalah sistem perekonomian yang di mana pelaksanaan kegiatan, pengawasannya, dan hasil dari kegiatan ekonomi dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat.



Jhojo As. Rumampuk.

 

No comments:

Berikan Tanggapan Anda