Berita Terbaru

Advetorial

Advetorial

Berita Populer

Tanki Air PDAM Tak Layak, DPRD Terfokus Pada JDU

Faktanews.com (Daerah) – Kabupaten Pohuwato,  Banyaknya pengeluhan masyarakat terkait distribusi air bersih yang menganggap pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) kurang maksimal, tak membuat PDAM Tirta Maleo berheti melakukan sosialisasi untuk memberikan pemahaman kepada warga dengan apa yang terjadi saat ini.

Jika dilihat dengan kondisi saat ini penyaluran air bersih untuk kecamatan marisa hanya menggunakan Jaringan Distribusi Bagi (JDB), dikarenakan PDAM belum memiliki Jaringan Distribusi Utama (JDU) sehingga pemenuhan kebutuhan air kepada masyarakat masih belum sempurna, akan tetapi sampai dengan saat ini masyarakat masih terbantu karena adanya mobil tanki air bersih yang menjadi antisipasi ketika terjadi bencana alam.

Saat awak media ini melakukan penelusuran terkait mobil tanki air yang saat ini beroperasi di Kabupaten Pohuwato, ternyata hanya satu armada yang dapat menyuplai air, hal itu pun armada tersebut sudah tidak layak digunakan lagi untuk memenuhi kebutuhan air kepada masyarakat, dikarenakan fisik mobil yang sudah berkarat dan susah untuk menjalankannya.

Direktur PDAM Terta Maleo Hairudin Usman saat dihubungi via seluller oleh awak media ini menjelaskan bahwa saat ini Pihak PDAM serta Pemerintah Daerah dan juga DPRD Kabupaten Pohuwato masih focus pada pembuatan Jaringan Distribusi Utama (JDU), dan untuk pengadaan armada tanki air untuk tahun ini memang belum ada. “ Untuk saat ini PDAM, Pemda Pohuwato dan DPRD masih focus pada Jaringan Distribusi Utama (JDU) agar semua kebutuhan air yang ada di Pohuwato dapat berjalan dengan lancar, kalau untuk mobil tanki air memang untuk tahun ini belum di usulkan.” Jelas Pria yang sering disapa Didin

Sama halnya dengan pengakuan Hi. Iwan Adam Aleg Dapil Marisa CS yang juga sebagai Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten Pohuwato, dimana menurut Iwan pihak DPRD saat ini sementara membahas pembuatan Jaringan Distribusi Utama (JDU) untuk dumasukan dalam APBD-P nanti, dan untuk pengadaan mobil tanki memang tidak ada dalam pembahasan tersebut. “ Saat ini saya dan teman-teman yang ada di Badan Anggaran (Banggar) sementara membahas tentang pengadaan Jaringan Distribusi Utama (JDU) untuk dimasukan dalam APBDP mendatang, dan untuk mobil tanki air memang tidak ada dalam pembahasan tersebut.” Ungkap Iwan

Akan tetapi tidak menutup kemungkinan jika terjadi bencana alam atau kemarau yang berkepanjangan seperti yang terjadi ditahun 2015 kemarin, dan PDAM saja sangat kesulitan mendistribusi air sehingganya PDAM dibantu oleh Polres Pohuwato dengan Mobil Water Canon, sehingganya Pengadaan Mobil Tanki Air sangat membantu ketika proyek Jaringan Distribusi Utama Dijalankan. (Jho)

No comments:

Berikan Tanggapan Anda