Berita Terbaru

Advetorial

Advetorial

Berita Populer

Jelang Bulan Suci Ramadhan Kementrian Perdagangan Lakukan Peninjauan Bahan Pokok

Kadis Koperasi dan UMKM bersama Perwakilan Kementerian Perdagangan RI


Faktanews.com (Ekonomi) – Kota Gorontalo, Sejumlah pasar traditional hingga ritel yang ada di Kota Gorontalo dilakukan inspeksi mendadak oleh Perwakilan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia Selasa, 25 April 2017. Peninjauan ini dilakukan untuk memantau ketersediaan stok bahan pokok dan mencegah adanya permainan harga di sejumlah pasar dan ritel menjelang bulan suci ramadhan.

Kementrian Perdagangan sudah menugaskan semua Eselon 1 untuk turun langsung ke tiap-tiap Provinsi agar memantau ketersediaan stok dan harga bahan pokok di sejumlah pasar dan ritel serta distributor, dimana bahan pokok seperti Gula Pasir dipatok Rp.12.000/kilo dari semua merk, kemudian Minyak Goreng kemasan sederhana Rp.11.000/Liter, serta daging beku Rp.80.000/Kilo.

Perwakilan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia mengatakan kepada semua distributor dan agen bahan pokok wajib mendaftarkan tampa di pungut biaya yaitu melalui online atau manual. Karena menurut Permendag Nomor 20 Tahun 2017 agar berkewajiban meregistrasi semua distributor sub.distributor maupun agen.

Setelah melakukan peninjauan di pasar traditional dan ritel, Perwakilan Kementerian Perdagangan Kasan Muhri selaku Kepala Badan Penggembangan dan Pengkajian Perdagangan RI mengatakan, semua harga relatif stabil di Kota Gorontalo, bahkan banyak yang turun dan pasokanya mungkin cukup hingga bulan suci ramadhan.

Sementara itu Perwakilan Kementerian Perdagangan yang didampingi langsung Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, melakukan peninjauan di Pelabuhan Gorontalo, karena Pelabuhan adalah salah satu dukungan kelancaran distribusi barang keluar masuk Gorontalo.


Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Abdul Haris Hadju mengatakan kepada awak media ini, apabila ada kenaikan harga bahan pokok kami dari pihak pemerintah secara rutin setiap tahun melakukan interpersi untuk menstabilkan harga, dengan di bantu oleh pihak dari Bulog, PPI, dan para distributor dengan melaksanakan operasi pasar dan pasar murah di berbagai daerah di Provinsi Gorontalo. Kemudian untuk mengantisipasi adanya permainan harga bahan pokok di sejumlah pasar, pihak kami telah membentuk tim untuk melakukan pemantauan harga bahan pokok setiap harinya, ungkap Haris.(andre)

No comments:

Berikan Tanggapan Anda