Berita Terbaru

Advetorial

Advetorial

Berita Populer

Dirjen Pembinaan Narapidana Latihan Kerja dan Produksi Beri Apresiasi Kinerja Lapas Pohuwato



Dirjen Pembinaan, Latihan Kerja dan Produksi Kemenkumham RI, Ilham Djaya (Kedua dari Kanan)
saat melihat hasil industri Lapas Pohuwato

Ilham Djaya:  Ini Luar Biasa

Faktanews.com (Daerah) – Kabupaten Pohuwato, Kunjungan kerja Direktur Pembinaan, Latihan Kerja dan Produksi Direktorat Jendral Pemasyarakatan Ilham Djaya di Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Pohuwato kamis (8/6), disambut deru mesin industri sabut kelapa. Pasalnya, kunjungan kerja ini merupakan rangkaian kegiatan konsultasi teknis dan penguatan Lapas Pohuwato sebagai Lapas Industri.

Hal ini dikatakan Kepala Lembaga Pemasyarakatan Pohuwato Rusdedy,Amd.IP.,SH.,M.Si. bahwa Kunjungan Dirjen Ilham ini menjadi motivasi agar supaya seluruh element dilingkungan lapas pohuwato bisa lebih semangat dalam berproduktif sehingga dapat memberikan contoh yang terbaik untuk daerah, bangsa dan negara.

“kunjungan ini merupakan sebuah motivasi bagi kami untuk lebih berproduktif dan tentunya bisa memberikan contoh yang baik untuk daerah, bangsa dan negara.” Ujar Rusdedy

Kalapas Pohuwato,
Rusdedy, Amd.Ip SH. M.Si
Ditambahkan bahwa dalam kunjungan singkat itu Direktur Ilham Djaya memberikan berbagai arahan dan masukan terkait apa yang sudah dirintis oleh Lapas Pohuwato sebagai Lapas Industri di Indonesia.

“Pada kesempatan yang singkat ini, pak Direktur menyampaikan apresiasianya dan juga memberikan arahan dan petunjuk yang menurut kami adalah sesuatu yang dapat menjadi bahan untuk kemudian bisa lebih produktif lagi.” Tambah Pria yang akrab disapa Rus ini.

Sementara itu, Direktur Pembinaan, Latihan Kerja dan Produksi Direktorat Jendral Pemasyarakatan Kemenkumham RI Ilham Djaya, Kegiatan Industri di Lapas Pohuwato dewasa ini merupakan kegiatan padat karya yang tidak membutuhkan keterampilan atau pendidikan khusus untuk bekerja pada industri pengolahan sabut kelapa, sehingga kegiatan industri ini sangat cocok untuk dilaksanakan didalam Lapas.

“ Kembangkan terus potensi Lapas ini dan segera dikerjakan konsep untuk pembangunan gedung yang terintegritas untuk Lapas Industri, agar supaya bisa segera terealisasi.” Ungkap Ilham.

Direktur Ilham menambahkan, bahwa pihaknya berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung seluruh kegiatan pembinaan yang ada dilapas Pohuwato.

“Potensi Lapas Pohuwato sebagai Lapas Industri modern di Indonesia, pastinya ditunjang dengan ketersediaan bahan baku dan dukungan masyarakat serta Pemerintah daerah baik Provinsi dan Kabupaten. Olehnya saya mengucapkan terima kasih atas segala dukungan seluruh pihak baik ketersediaan bahan bakunya, dukungan masyarakat dan pemerintah tentunya.” Tutup Ilham

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Kantor Kemenkumham Wilayah Gorontalo, Kadivmin Kemenkumham Gorontalo, Kapolres Pohuwato, Staf Ahli Bupati, Kepala Kesbangpol Kabupaten Pohuwato, Kepala Dinas Perindustrian Kabupaten Pohuwato dan Ketua Pengadilan Pohuwato.

Seperti diketahui, Lapas Pohuwato adalah Lembaga Pemasyarakatan yang bari beroperasional pada Tahun 2015 silam dan berani memproklamirkan diri sebagai Lapas Industri Modern di Indonesia. Namun meskipun berada diujung barat Provinsi Gorontalo, Lapas besutan Rusdedy sebagai Kalapas pertama ini telah menjadi Lapas yang memberikan motivasi seluruh Lapas di Indonesia agar dapat meningkatkan pemberdayaan warga binaan dan memanfaatkan sumber daya alam.


Adapun Lapas Pohuwato telah mencanangkan beberapa program unggulan yang diantaranya adalah Industri Coco Fiber dan Coco Fit, Industri Olahan Makanan Pisang, Industri Makanan Olahan Bandeng, Peternakan Ayam dan Itik dan juga Perkebunan. (FN 02)

No comments:

Berikan Tanggapan Anda