Berita Terbaru

Advetorial

Advetorial

Berita Populer

Tingkatkan Peran Orang Tua, SMP Negeri 1 Tapa Sosialisasikan Pendidikan Keluarga,

Caption : Kegiatan Sosialisasi Pendidikan Keluarga di SMP Negeri 1 Tapa

"Peran Orang Tua Sangat Penting Untuk Pendidikan Utamanya Pendidikan Keluarga"


Faktanews.com (Pendidikan) - Bone Bolango, Dalam rangka  memberikan bekal pengetahuan kepada orang tua dan komite sekolah serta mendorong terciptanya proses pendidikan berbasis karakter yang diharapkan akan  dapat menciptakan ekosistem pendidikan yang aman, nyaman, dan kondusif, Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tapa menggelar kegiatan sosialisasi pendidikan keluarga dengan mengundang para orang tua siswa dan komite sekolah Sabtu (29/07).

Ruceanty Pambi,S.Pd.,M.Pd ketika ditemuai awak media ini mengatakan bahwa dengan dilaksanakannya kegiatan sosialisasi pendidikan keluarga berujuan untuk meningkatkan kualitas anak dengan Menekankan peran Keluarga sebagai  pendidik yang pertama dan utama. "Sekolah berperan membantu agar pelaksanaan pendidikan lebih sistematis dan efektif. Karena tidak semua kebutuhan pendidikan  anak dapat dipenuhi oleh satuan pendidikan maupun keluarga sehingga dalam hal ini sangat penting adanya kerja sama antara pihak sekolah dan keluarga." Ujarnya

Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Tapa,
 Ruceanty Pambi,S.Pd.,M.Pd
Disamping itu, masih kata Ruceanty Era Digital dewasa ini adalah era pada saat  semua kegiatan berhubungan dengan peralatan digital. Mendidik anak pada era digital ini perlu adanya pendampingan oleh orang tua dan terus menerus mengadakan dialog antara orang tua dengan anak. "Pada Era Digital ini,  peran orang tua sangat diperlukan. Orang tua tidak dapat begitu saja menutup akses internet kepada anak – anaknya, karena banyak hal positif yang didapatkan, diantaranya bisa memperoleh informasi dengan cepat. Untuk itu pendampingan dan komunikasi yang baik dengan anak pasti akan mengantarkan kepada kedewasaan anak dalam menggunakan perlengkapan-perlengkapan digital dan fasilitas internet." Jelas Ruceanty.

Dirinya menambahakan bahwa Keluarga sebagai unit terkecil di masyarakat mempunyai peran yang sangat penting dalam pembentukan karakter, budaya, dan prestasi anak. Rumah adalah sekolah pertama dan orang tua adalah pendidik pertama dan utama dalam kehidupan seorang anak. "Untuk itu perlu dipersiapkan dengan baik, mengingat mereka kebanyakan harus mencari sendiri informasi dan pengetahuan tentang bagaimana menumbuhkan dan mendukung pendidikan anak-anak mereka agar berada dalam kondisi positif." Tambah Runceaty.

Terakhir Ruceanty berharap agar orang tua murid dapat meningkatkan peran dan kesadaran terkait pentingnya peran keluarga dalam pendidikan anak. " kerja sama  ketiga unsur pendidikan ini sangat dibutuhkan dalam memajukan dunia pendidikan, yaitu unsur keluarga mempunyai tanggung jawab orang tua, unsur sekolah mempunyai tanggung jawab pemerintah, dan unsur lingkungan mempunyai tanggung jawab masyarakat. " Kata Ruceanty.

Dan Dalam rangka menyambut hari kemerdekaan 17 Agustus 2017, SMP Negeri 1 melalui Kepala Sekolah Ruceanty Pambi mengatakan bahwa pihaknya telah mempersiapkan  kegiatan - kegiatan sekolah dengan melibatkan orang tua siswa untuk turut mensukseskan hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 72." Kami telah menyiapkan beberapa kegiatan ringan untuk mensukseskan HUT Republik Indonesia ke 72 Tahun 2017. Dan untuk itu, kami melibatkan para orang tua murid demi suksesnya kegiatan tersebut."

Seperti diketahui bahwa SMP Negeri 1 Tapa adalah salah satu Sekolah bertaraf nasional dan telah menjadi referensi Sekolah Menengah Pertama tingkat Kabupaten Bone Bolango. adapun alumni - alumni yang dihasilkan adalah Bupati Bone Bolango Hamim Pou, Sekertaris Daerah Kabupaten Bone Bolango IShak Ntoma dan beberapa Anggota DPRD Kabupaten Bone Bolango Dapil Tapa Cs seperti Ketua DPRD Faisal Mohi dan  Amran Mustafa. (FN04)





No comments:

Berikan Tanggapan Anda